PARIS PARIS PARIS!!!

          Kali ini gue pengen nge post tentang salah satu mimpi gue, yaitu gue pengen pergi ke Paris. Yak e PARIS! Terutama ke Menara Eiffelnya! Gue tertarik sama hal-hal berbau Paris dari anak baru yang ada di kelas gue. Namanya Azhari Haniyah Widarto. Panggilannya Hany. Hany itu sebangku gue.
          Pertama gue kenal dia, dia itu baik, cantik, pinter, pendiem. Tapi kalo masalah tentang Paris, YaAllah-_- Dia gak bakal bisa diem. Dia seringggg pake bangettt cerita-cerita tentang Paris. Dia pernah bilang sama gue kalo SMA dia bakal ke Paris. Dan dia juga selalu menghayal kalau dia lagi di Paris.
          Dia juga sering bilang ke gue “Hanaaaa… Kalo lu ke Paris, jangan lupa mampir ke restoran gue yaa.. Lu boleh deh makan sepuasnya disitu dengan gratis… hehehe :D ”. Sumpah demi apapun, gue bosen banget denger kata-kata itu._.v
        Tapi lama kelamaan gue jadi tertarik sama Paris, terutama Menara Eiffelnya itu lohh!!! Pengen banget gue kesana. Mungkin sepuluh tahun lagi, gue bakal ada di atas Menara itu!! Aamiin… *plak-_-* *gubrak-_-* 
          Lo lo lo semua *ganyante-_-* tau sejarah tentang Menara Eiffel? Nah, gue mau ngasih tau sejarah tentang Menara Eiffel. Kalo ada yang salah, maaf banget.. Soalnya itu semua cuma setau gue doang. Hehehe ._.v
          Menara Eiffel itu dibangun oleh Alexandre Gustave Eiffel. Dia menandatangani kontrak untuk membangun Menara Eiffel tanggal 8 Januari 1887. Tapi Menara Eiffel mulai dibangun bulan April 1888. Dan selesai hanya dalam waktu 1 tahun 1 bulan, yaitu pada bulan Mei 1889.
          Alexandre Gustav Eiffel (1832-1923) adalah seorang insinyur dan seorang ahli bangunan besi tempa. Sebelum membangun Menara Eiffel, dia telah membangun banyak jembatan, kubah, dan atap bangunan di seluruh dunia dengan menggunakan besi dan baja.
          Bangunan yang di rancang oleh Alexandre Gustav Eiffel yang terkenal juga adalah Patung Liberty, Amerika Serikat *Hah? Demi apa?-_-*. Kehebatannya dalam membuat struktur besi tempa membuatnya dijuluki Ahli Sulap Besi *Temennya Pak Tarno ya? Apa temennya Limbad? :D*.
          Menara Eiffel dibangun oleh 230 pekerja *gila aja-_-*. Menara Eiffel sempat pernah diprotes loh oleh Para Pujangga Paris *nah loh?!*. Katanya sih Menara itu bikin “Memalukan Paris” dari segi bangunan.  Tapi, setelah selesai dibangun dengan garis-garis yang indah dan jalinan batang besi yang halus, para pengkritik pun ikut mengagumi *pasang muka pongo :o*.
          Diatas Menara Eiffel ada restoran loh… Wow.. Hebat banget.. Nama restorannya Altitude 95. Itu ada artinya. Altitude artinya ketinggian, sedangkan 95 meter adalah tinggi restoran itu dari permukaan laut. Kereennnn…
          Menara Eiffel  memecahkan rekor bangunan tertinggi di dunia pada akhir abad 19. Rekor Monumen Washington di kota Washington D.C, Amerika Serikat yang bertinggi 169 meter dipecahkan. Tinggi Menara Eiffel hampir 2 kali tinggi Monumen Washington, yaitu 300 meter. *etdah tinggi banget-_-*
          Menara Eiffel  melawan tradisi zamannya. Saat itu, baja sedang diagungkan sebagai bahan bangunan terkuat, namun Alexandre Gustav Eiffel, merancangnya justru menggunakan besi tempa. Karya seni dari kerangka besi tempa yang menjulang tinggi tersebut kerap dianggap sebagai symbol zaman keemasan ilmu pengetahuan dan seni.
          Bahan untuk membangun Menara Eiffel pastinya yang paling banyak besi tempa lah, jumlahnya kira-kira sekitar 18.038 komponen. Untuk menyatukan rangka-rangka besi dibutuhkan 2,5 juta paku*anjirrr-_-*.
          Seluruh komponen Menara Eiffel kalau dijumlah, beratnya menjadi 9.000 ton! *Gila aja! Berat banget pasti-_-* Karena proses memuai, saat musim panas, Menara Eiffel menjadi bertambah tinggi sedikit *kenapa gak banyak aja?!*, yaitu tujuh belas sentimeter.
Bagian-bagian menara Eiffel:
·         Menaran Eiffel ada 4 buah lift yang mengantar wisatawan naik ke anjungan kedua. Liftnya dioperasikan dengan tenaga hidrolik.
·         Anjungan kedua
·         Besi di persilangan. Menara Eiffel mempunyai struktur yang kokoh. Batang-batang besi di persilangan selain indah, menyebarkan bobot secara merata.
·         Anjungan puncak. Anjungan yang dapat menampung 800 orang. Dari sini wisatawan dapat melihat pemandangan kota Paris *ih enak banget-_-*.
·         Menara Radio

          Seperti yang gue bilang tadi, Lift di Menara Eiffel pake Lift yang digerakan oleh tenaga Hidrolik. Waktu tepuh ke atas hanya 7 menit. Setiap jam, lift bisa membawa 2.350 wisatawan ke puncak *banyak banget-_-*. Ada 4 lift, 2 lantai dengan dinding kaca menuju ke anjungan pertama. Dua lift lagi menuju ke anjungan kedua. Lift lain membawa wisatawan ke puncak menara.
          Menara Eiffel di cat ulang setiap tujuh tahun sekali, membutuhkan 45 ton cat setiap kali pengecatan. Warna cat yang dipilih adalah warna coklat lumpur. Jadi penasaran deh… Mau dong kesono..-_-
          Asal lo lo lo pada tau, pada waktu Perang Dunia I tahun 1914-1918, Menara Eiffel digunakan sebagai menara pengendali pesawat. Dan pada waktu Perang Dunia II tahun 1944, Lift di Menara Eiffel rusak *nah loh?!*.
          Pada saat itu juga Hitler naik tangga untuk ke puncak Menara Eiffel. Gila aja, gempor deh tuh kaki plus betis tambah bengkak-_-.Tapi, beberapa saat kemudian tuh lift berhasil diperbaiki hanya dengan memutar sebuah sekrup.
          Tadinya Menara Eiffel di desain oleh Alexandre Gustave Eiffel dapat bertahan selama 20 tahun, ternyata eh ternyata telah bertahan selama lebih dari 120 tahun. Kontruksi Menara Eiffel memang sengaja dibuat tahan angin.
          Gak percaya kalo Menara Eiffel tahan angin?! Hal ini terbukti saat ada angin topan berkekuatan 160 kilometer per jam di tahun 1997, puncak menara Cuma bergoyang 15 sentimeter. Alexandre Gustave Eiffel, Hebat banget yaaa??!!! :D 
          Menara Eiffel bisa tahan angin karna, Menara Eiffel dibangun diatas tembok batu seluas 2,25 meter persegi. Di bawah tembok ini adalah beton setebal 2 meter yang berada jauh di bawah permukaan tanah.
          Dari kejauhan, Menara Eiffel mungkin tampak ringan dan halus, tapi sebenarnya amat sangat kokoh. Batang besi penguat yang dipasang di persilangan, menyebarkan bobot secara merata. Kekuata n kontruksi  bangunan sangat matang di perhitungkan.
          Anjungan pertama, yang tingginya 57 meter, memiliki empat kaki yang saling dihubungkan dengan lengkungan dekoratif. Dianjungan kedua, yang tingginya 115 meter, kaki itu benar-benar menjadi satu. Dan anjungan ketiga, yang tingginya 276 meter dipasangi teras.
          Maaf Cuma segitu doang yang bisa gue post, Karna gue taunya emang cuma segitu doang.. Hehehe :D Gimana? Pengen ke Menara Eiffel gak? Kalo mau ajak-ajak gue juga yaa… Gue kan juga mau.. u,u YaAllah, berharap banget suatu saat bisa ke Paris dan bisa ke Menara Eiffel.. Aamiin.. :’)
Sekian dulu yaaaaaa…. Bebey… {}

Komentar

Postingan Populer